Tips Belajarku

“BELAJAR” adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh para pelajar agar mampu menguasai dan memahami pelajaran dengan baik. Dan faktanya, sebagai pelajar kita sering mengalami kesulitan dalam belajar, entah itu sulit memahami pelajaran, sulit menghafalkan pengertian-pengertian dan definisi atau yang lainnya.
Nah, kali ini aku mau coba sharing beberapa tips belajar yang aku lakuin buat ngatasi masalah-masalah itu.

And they are my tips:

1. Susah mengingat materi pelajaran yang super banyak

problem solving:
sering membaca materi pelajaran itu dan MEMAHAMINYA, bukan menghafalkannya. Karena dengan memahami, materi pelajaran tersebut akan membekas lebih lama diingatan kita dibandingkan dengan menghafalkannya. Kadang, aku juga buat ringkasan diselembar kertas setelah membaca, tujuannya buat ngetes seberapa banyak materi yang bisa aku serap dari membaca tadi. Selain itu, ringkasan yang aku buat bisa digunakan untuk belajar lagi, supaya materi yang dipelajari lebih ringkes dan gak harus baca uraian yang super banyak itu. Intinya sih, yang dipelajari pokok dari materi tersebut. Tapi inget.., ringkesan tadi jangan dijadiin contekan pas ulangan loh ya..😛
aku juga suka baca materi pelajaran dari internet, kalo ada materi pelajaran yang kurang lengkap dan gak ada dibuku.

2. Susah menghafalkan materi yang bener-bener harus diapalin

problem solving:
Untuk materi pelajaran yang sifatnya harus dihafalkan, misalnya pasal-pasal, pengertian menurut para ahli, atau yang lainnya, perlu kesabaran buat mempelajarinya teman, kalo aku biasa membaca dan menghafalkannya secara berulang-ulang. Selain itu, tulisan tentang pasal-pasal atau pendapat-pendapat itu aku garis bawahi pake pulpen yang berbeda warna dari tulisannya. Karena aku pernah baca kalo warna dapat meningkatkan daya ingat kita.
Yahh,.. walaupun kadang aku jadi asik gambar sendiri pas ngasih garis bawah ditulisan, tapi cara ini cukup efektif kok.

3. Susah memahami materi yang hitung-hitungan

problem solving:
“bisa karena biasa” mungkin kata-kata ini yang paling pas buat nyelesein masalah ini. Jadi, kita harus sering latihan mengerjakan soal, agar bisa lebih memahami dan menguasai materi pelajaran tersebut.

Nah, itu tadi beberapa tips belajar dariku. Mungkin tips-tips tersebut beda sama tips-tips belajar kalian, karena setiap orang punya caranya masing-masing dalam belajar. Oiya, kalo kalian punya tips-tips lain dalam belajar, jangan sungkan-sungkan buat nulisnya di comment ya..
Semoga postingan ini bermanfaat🙂

best regard,
shifatimah

pictures take from Google

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s